Blinkie Text Generator at TextSpace.net

Jumat, 11 September 2009

Frigid dan Solusi Penyembuhannya

2 February, 2009 - 14:30

Astaga!HidupGaya - Mungkin pada suatu saat tertentu Anda atau pasangan pernah merasa "mati rasa" terhadap sex. Biarpun sudah melakukan berbagai cara pemanasan, tapi sepertinya semua percuma karena tak kunjung "panas". Lantas apakah itu yang disebut frigid? Well... Coba kita lihat yuk definisi frigid yang benar agar tidak terjadi kesalahpahaman.

Sebenarnya jangan terlalu buru-buru memvonis diri sebagai frigid, hanya karena gairah seks yang lebih rendah daripada pasangannya. Bahayanya, banyak orang yang menjadi frigid sebelum dirinya benar-benar frigid, karena runtuhnya kepercayaan diri akibat frustasi.

Frigiditas tidak mudah didefinisikan dan memerlukan diagnosa dari seorang ahli. Menurut para pakar mendefinisikan frigiditas sebagai keadaan disfungsi seksual pada perempuan, yaitu suatu ketidakmampuan tubuh terhadap perangsangan erotik seksual dan tidak berkemauan membangkitkan gairah seksualnya lagi. Tentu saja wanita dengan keluhan ini sulit untuk memperoleh kenikmatan dalam "pertempuran" di ranjang. Kalaupun berhubungan intim akan dirasakan sebagai suatu siksaan.

Dalam suatu populasi terdapat 10-30 persen wanita frigid. Mengapa dapat terjadi frigiditas ? Penyebabnya secara umum dapat dibagi menjadi dua.

1. Sebab fisik, dapat ditimbulkan oleh kerusakan pada salah satu fungsi saraf seksual wanita, akibatnya ia tidak peka terhadap rangsangan dari pasangannya. Selain itu dapat juga ditimbulkan oleh penyakit menular seksual yang dideritanya.

2. Sebab psikis, dapat berasal dari kondisi tubuh yang sangat lelah, frustasi, dan stress kemudian dapat berasal pula dari hubungan yang tidak harmonis dengan pasangan sehingga timbul rasa benci atau tidak suka terhadap pasangan misal pernikahan secara paksa, atau sikap kasar dan egoistis pasangan terutama dalam hubungan lebih mementingkan pencapaian orgasme dirinya daripada pihak istrinya.

Frigiditas dapat juga timbul akibat trauma seksual yang masih membekas. Seperti mengalami korban pemerkosaan maupun melihat orangtuanya sering bertengkar dan saling memukul Selain itu juga pada pola asuh yang salah seperti menanamkan pengertian pada anak bahwa sex ialah sesuatu yang kotor dan harus dijauhi.

Penanganan masalah ini harus meliputi kedua belah pihak laki-laki dan wanita. Peadaan ini dapat disembuhkan jika faktor-faktor penyebabnya telah ditemukan dan diobati, untuk menemukannya dapat diminta bantuan seorang ahli terapi sex.

Frigiditas memang perlu disembuhkan lewat terapi yang cukup panjang. Anda tidak perlu kecewa dan putus asa, jika mempunyai pasangan yang frigid, justru peran Anda sangat dibutuhkan oleh pasangan guna mengatasi masalahnya.

Langkah-langkah yang mungkin dapat Anda lakukan adalah:

* Menciptakan komunikasi yang terbuka dengan pasangan, buatlah suasana yang membangkitkan gairah bersama seperti lampu yang temaram, memakai pakaian yang seksi, dan wewangian.

* Jangan buru-buru dan memaksakan untuk berhubungan karena bukan tidak mungkin akhirnya malah Anda atau pasangan mengalami vaginismus yaitu suatu kekejangan abnormal pada otot vagina. Cobalah bersikap rileks, tidak perlu menunggu kapan waktunya kenikmatan atau orgasme itu akan tercapai. Anda dapat memulai dengan membuka pakaian satu demi satu agar keduanya dapat menikmati perubahan secara gradual (setahap demi setahap), saling memijat dan variasi lain yang dapat anda eksplorasi sendiri. Kepuasan seks yang nantinya dapat dicapai, secara langsung akan meningkatkan juga kebutuhannya terhadap sex dan frigiditasnya secara perlahan dapat disembuhkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar