Blinkie Text Generator at TextSpace.net

Rabu, 02 September 2009

UNDANGAN MENULIS NASKAH Jurnal Ilmiah KGI

UNDANGAN MENULIS NASKAH Jurnal Ilmiah KGI

Jurnal Ilmiah e-KGI menerima sumbangan tulisan yang belum pernah diterbitkan oleh media lain. Tulisan dikirim dalam bentuk naskah softcopy dalam .rtf file dengan format seperti pada Panduan Pengiriman Naskah. Naskah yang diterima akan disunting bagi keperluan penyamaan gaya selingkung.

Panduan Pengiriman Naskah

Redaksi mengundang para guru TK, SD, AMP, SMA, MAN, MTs, MIb untuk menyumbangkan tulisannya dengan ketentuan:

1. Artikel merupakan hasil penelitian atau hasil pemikiran (konseptual) di bidang pengembangan pendidikan dan kebudayaan, hasil penelitian berbasis pengajaran (rekonstruksi proses belajar-mengajar) , evaluasi hasil pembelajaran, hasil penelitian yang berkaitan dengan ihwal pendidikan dan kebudayaan, reviu terhadap artikel yang pernah dimuat pada edisi sebelumnya, dan resensi buku.

2. Artikel ditulis dalam bahasa Indonesia atau bahasa Inggris maksimum sepanjang 20 halaman kuarto, dilengkapi dengan abstrak sepanjang 100-150 kata, dan berikan kata-kata kunci terkait isi naskah. Font yang digunakan adalah ARIAL 11, spasi 1,5.

(a) Jurnal Konseptual (Ulasan/Tinjauan) memuat:

i. Judul, nama penulis (tanpa gelar), abstrak, kata kunci,

ii. Pendahuluan menjelaskan tentang Latar Belakang Masalah, Perumusan Masalah dan Cara Pemecahan Masalah, Tujuan dan Kemanfaatan ulasan ilmiah yang ditulis

iii. Uraian Teori dari hal yang dipermasalahkan

iv. Uraian Fakta dari hal yang dipermasalahkan

v. Diskusi yang menyangkut upaya pemecahan masalah menurut gagasan penulis

vi. Simpulan dan Saran-Saran

(b) Jurnal Hasil Penelitian

i. Judul, nama penulis (tanpa gelar), abstrak, kata kunci,

ii. Pendahuluan: Latar Belakang Masalah, Perumusan Masalah dan Cara Pemecahan Masalah,Tujuan dan Kemanfaatan Hasil Penelitian

iii. Tinjauan Pustaka

iv. Metode Penelitian

v. Hasil-hasil dan Diskusi Hasil Penelitian

vi. Simpulan dan Saran-Saran.

3. Sumber rujukan/acuan harus dicantumkan pada setiap karya tulis yaitu nama pengarang, tahun terbitan, judul karangan dan kota terbitan yang disusun menurut abjad pengarang. Contoh:

Cacioppo, J. T., Hawkley, L. C., & Berntson, G. G. 2003. The anatomy of loneliness. Current Directions in Psychological Science, 12, 71-74.

Macaulay, Ronald K.S. 2005. Talk That Counts: Age, Gender, and Social class Difference in Discourse, Oxford: Oxford University Press.

4. Biodata singkat penulis ditulis di bagian akhir naskah setelah Daftar Pustaka berisi riwayat pendidikan, tempat bertugas, penghargaan yang pernah diperoleh disertai alamat e-mail dan pasfoto ukuran 3x4cm (jpeg).

5. Naskah harus pula disertai surat pernyataan bahwa artikel yang dikirimkan adalah tulisan sendiri, bukan jiplakan. Jika di kemudian hari terbukti bahwa artikel yang telah diterbitkan ternyata merupakan hasil plagiat, artikel akan dibatalkan (tidak diakui) dan pernyataan penarikan artikel disampaikan di http://www.klubguru .com dan berbagai milis.

6. Resensi buku sepanjang 5-6 halaman, diawali kondisi fisik buku termasuk cover buku, ringkasan isi buku, berikutnya ulasan terhadap isi buku, dan diakhiri dengan daftar pustaka yang digunakan untuk menyoroti isi buku. Nama pereviu dan latar belakang pendidikan disampaikan dengan singkat.

7. Redaksi berhak mengubah tulisan, sejauh tidak mengubah isi dan maksudnya. Tulisan yang dimuat tidak mendapatkan imbalan selain kredit penulisan karya ilmiah (sebesar 8 – 25, tergantung pada relevan/tidak relevan topik tulisan dengan bidang studi penulis) sedangkan resensi (sebesar 2). Naskah yang tidak dimuat akan diberitahukan alasannya. Isi tulisan yang dimuat di luar tanggung jawab redaksi.

8. Naskah dikirim paling lambat 2 bulan dari jadwal terbit jurnal, yaitu 1 April bagi edisi Juni, dan 1 Oktober bagi edisi Desember.

Kirimkan naskah Anda ke: jurnalekgi@yahoo. com

JOIN milis jurnal e-KGI http://groups. yahoo.com/ group/jurnal- e-KGI

Tidak ada komentar:

Posting Komentar